PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
DENGAN STRATEGI
METAKOGNISI (SM)
POKOK BAHASAN
PEMANTULAN PADA CERMIN DATAR, CERMIN CEMBUNG DAN CERMIN CEKUNG
1.
Pemfokusan
Masalah
Kompetensi yang
diharapkan dapat dicapai siswa yaitu :
a.
Siswa dapat
melukiskan jalannya sinar-sinar istimewa pada cermin datar, cermin cekung dan
cermin cembung
b.
Siswa dapat
melukiskan jalannya sinar-sinar yang bukan istimewa pada cermin datar, cermin
cekung dan cembung
c.
Siswa dapat
menemukan hukum snellius tentang pemantulan, dimana sudut datang sama dengan
sudut pantul
d.
Siswa dapat
menemukan bahwa jarak fokus sama dengan setengah kali jari-jari cermin pada
cermin cekung dan cermin cembung
e.
Siswa dapat
menerapkan konsep dasar pemantulan oleh cermin pada berbagai fenomena yang
berkaitan pada kehidupan sehari-hari
Berdasarkan
kompetensi yang ingin dikuasai siswa maka, media yang diperlukan adalah cermin
cekung, cermin cembung, cermin datar, laser yang sudah dimodifikasi
menghasilkan garis, papan dan mistar sebagai alat ukurnya. Diharapkan dengan media
ini, siswa dapat berkreasi dan menemukan sendiri, bagian mana yang belum paham
menjadi paham, bagian yang paham menjadi lebih paham lagi (metakognisi siswa).
2.
Perencanaan
a.
Design
Terdiri atas komponen-komponen yang
mendukung yaitu :
(a)
Laser yang sudah
dimodifikasi dengan tempat baterai isi empat
(b)
Cermin datar,
cermi cekung, dan cermin cembung yang sudah dimodifikasi menjadi satu
(c)
Papan sebagai
tempat pembentukan sinar-sinar dan sebagai tempat pengukuran
b.
Bahan dan Alat
Alat bahan yang dibutuhkan untuk
mewujudkan media adalah
(a)
Bahan
Mistar lentur 30 cm, skotlite sepanjang
kebutuhan, sterofoam, timah solder, laser, tempat baterai isi empat, kertas,
lem sterofoam, spatula
(b)
Alat
Solder, tang/obeng, alat pemotong
spatula, gunting
c.
Prosedur
pembuatan
(a)
Membuat modifikasi
cermin
(1)
Membuat design
bentuk cermin datar, cermin cekung dan cermin datar dalam satu bentuk
(2)
Hasil dari poin
(1) dibuat untuk membentuk sterofoam
(3)
Memotong mistar
lentur sesuai ukuran dari panjang cermin datar, cermin cekung dan cermin
cembung dari poin (2)
(4)
Menempelkan
skotlite sesuai dengan panjang dan lebar mistar pada poin (3)
(5)
Menempelkan
hasil poin (4) ke sterofoam dengan lem sterofoam
(6)
Melapisi bagian
sterofoam yang tidak tertutupi dengan skotlite menggunakan kertas toko (gilap)
berwarna ungu atau yang lain
(b)
Membuat laser
modifikasi
(1)
Siapkan laser
mainan, selanjutnya lepaskanlah penutupnya sehingga kita dapatkan bagian
penting dari laser itu
(2)
Ambillah tempat
baterai, lubangi bagian depan baterai dengan solder, dan lepaskan bagian yang
menghubungkan antar baterai dan buatlah agar sambungan tidak putus dan on off
baterai tetap berfungsi
(3)
Masukkan isi
laser dari poin (1) kedalam lubang yang dibuat pada poin (2), rekatkan dengan
erat menggunakan solder
(4)
Kabel warna
merah disambungkan ke bagian PCB depan kepala dengan timah mengunakan solder
(5)
Kabel warna
hitam disambungkan dengan saklar bagian depan kanan dengan timah mengunakan
solder
(6)
Uji coba
keberhasilan nyala laser mengunakan baterai, apabila sudah menyala berarti
sudah benar
(7)
Potong spatula
dengan kikir atau pemotong kaca dengan ukuran 0.5 cm.
(8)
Masukkan hasil
poin (7) pada kepala laser dengan posisi melintang
(9)
Nyalakan laser
yang sudah dimodifikasi, indikator keberhasilan adalah sinar laser yang
dihasilkan berupa garis
(c)
Membuat papan
(1)
Buatlah gambar lingkaran
sesuai dengan lingkaran pada cermin cekung dan cermin cembung yang sudah dibuat
pada kertas HVS
(2)
Selanjutnya
buatlah garis lurus yang melewati titik tengah lingkaran
(3)
Buatlah indeks
angka untuk pengukuran
(4)
Tempelkan hasil
poin (2) pada sterofoam
3.
Pelaksanaan
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembuatan media yaitu :
a.
Keselamatan
kerja, ketelitian dan keahlihan dalam membuat solderan
b.
Membuat
lengkungan cermin cekung dan cermin cembung disesuaikan dengan yang diinginkan
atau jiplakan
c.
Gunakan solder
dengan panas yang cukup sehingga hasil solderan yang dihasilkan sangat baik
4.
Interpretasi
Hasil
Melakukan uji coba untuk mengetahui kekurangan dan
mengetahui karakteristik media :
a.
Menguji hasil
sinar yang berbentuk garis dari laser yang dimodifikasi sudah baik apa belum
b.
Menguji apakah
cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung yang dibuat dapat membuktikan
bahwa sudut datang dan sudut pantul
c.
Menguji apakah
media dapat membuktikan bahwa titik fokus sama dengan setengah jari-jari kelengkungan
d.
Menguji apakah
semua tujuan yang diinginkan dalam pembuatan media dapat ditemukan dengan baik
5.
Evaluasi Hasil
Setelah produk
selesai dibuat kemudian dilakukan penilaian sendiri dengan menggunakan rubrik
sebagai berikut :
Rubrik Penilaian
Produk Media Pembelajaran Fisika
ASPEK
|
SKOR
|
URAIAN KUALITAS PRODUK
|
PERBAIKAN
|
Penampilan
|
1
|
Tidak dapat
menampilkan gejala fisis
|
4
|
2
|
Dapat menampilkan
gejala fisis tetapi kurang sempurna (tidak tampak jelas)
|
||
3
|
Menampilkan
gejala fisis dengan baik tetapi ada satu variabel yang tidak dapat diubah
|
||
4
|
Menampilkan
gejala fisis dan semua variabel dapat diubah
|
||
Desain
|
1
|
Terlalu sederhana
tidak memerlukan pengerjaan yang sulit
|
4
|
2
|
Tidak memerlukan
pengerjaan rumit, tidak ada variabel yang diubah
|
||
3
|
Memerlukan pengerjaan
yang rumit namun hanya satu variabel yang dapat diubah
|
||
4
|
Memerlukan
pengerjaan yang rumit namun tetap simpel, lebih dari atau sama dengan dua
variabel
|
||
Finishing
|
1
|
Tidak diperhalus,
tidak dicat atau dipelitur, pemasangan komponen kurang tepat
|
3
|
2
|
Diperhalus namun
masih kurang baik, masih terlihat kasar
|
||
3
|
Diperhalus,
dicat, dipelitur, tertata rapi, namun ada satu bagian yang kurang baik
pengerjaannya
|
||
4
|
Diperhalus,
dicat, dipelitur, tertata rapi, dan semua komponen terpasang dengan baik
|
||
Jumlah
|
|
|
|
Kualitas
produk = (skor perolehan/12)x 100% = (11/12)x100% = 91,3 % (sangat baik)
Kriteria
: 0 - 30% sangat kurang 31 % - 59 % kurang, 60 % - 70 % sedang, 71% - 80% baik,
dan lebih dari 80% sangat baik.
Gambar. Dokumentasi Media Pembelajaran
akan lebih menarik apabila dituangkan dalam bentuk multimedia, sehinga akan tampak lebih menarik dan mudah dipahami
BalasHapusPSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
Telp. 0815 797 4549
BB. 7585807C
www.pscindonesia.com
InsyaAllah, apabila program flash yang kami rasa diperlukan dan hasil buatan sendiri akan kami upload. Terima kasih atas masukannya
Hapus