"Maka Nikmat Tuhanmu yang Manakah yang Kamu Dustakan?" [Surat Ar-Rahman : 13]

Selasa, 13 Mei 2014

Angin Laut, Angin Darat dan Air Condition (AC)

saudara-saudara, apa yang sepintas terbayang oleh anda tentang tiga hal yang berbeda ini antara angin darat, angin laut dan Air condition (AC) yang sering kita temui???

Bagaimanakah proses terjadinya angin darat?, proses terjadinya angin lut? dan prinsip kerja AC? mengapa AC selalu ditempatkan di atas tidak di bawah?...
kita akan mencoba membahas satu persatu. :)

  • Angin Laut, terjadi pada siang hari biasa digunakan oleh para nelayan pulang dari mencari ikan. Makanya jangan heran orang jawa sering mengatakan istilah "laut" berarti istirahat saat siang hari ketika bekerja di sawah. Proses terjadinya angin laut dikarenakan pada siang hari udara di darat panas, sehingga udara panas terdesak oleh udara dingin dari laut menuju darat yang mengakibatkan udara panas naik.
  • Angin Darat, terjadi pada malam hari biasa digunakan nelayan untuk berangkat mencari ikan. Proses terjadinya angin darat disebabkan saat malam hari daratan dingin, dan di laut panas (coba tanya ke nelayan), akibatnya udara panas akan naik dan diisi oleh udara dingin dari darat ke laut.
sekarang dari kedua fenomena alam tersebut dapat kita ambil pelajaran bahwa udara dingin letaknya selalu dibawah tidak bisa naik, karena udara dingin memiliki massa jenis yang lebih besar daripada udara panas. bagaimana hubungannya dengan AC?

  • Kita sudah tahu bahwa AC mengelarkan udara dingin, iya kan?. Apabila udara dingin memiliki massa jenis yang lebih besar dari udara panas maka secara otomatis udara ini tidak akan pernah naik. Apabila kita meletakkan AC di lantai atau di bawah,tentu akan sia-sia karena udara dingin hanya akan bergerak hanya pada bagian bawah saja, padahal kita menginginkan seluruh ruangan terasa dingin.
kesimpulan yang dapat kita ambil, bahwa semua tindakan yang kita lakukan dalam rangka memahami berbagai fenomena haruslah memiliki ilmu, sehingga kita bisa secara optimal menghayati betapa besar dan kompleknya ciptaan Allah SWT. Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaa haillah wallahhu akbar wa la khuwataillah billahil aliyil adzim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar