"Maka Nikmat Tuhanmu yang Manakah yang Kamu Dustakan?" [Surat Ar-Rahman : 13]

Kamis, 14 November 2013

Pembelajaran Perolehan Konsep



Fisika merupakan salah satu pelajaran wajib bagi siswa SMA jurusan Ilmu Alam (IPA). Didalam mempelajari fisika tidak hanya belajar bagaimana menyelesaikan soal matematis, soal aplikatif  dan soal teori, tetapi konsep dasar dari fisika itu sendiri harus matang dan kuat, karena konsep merupakan pondasi pemahaman fisika yang paling fundamental.
Guru sebagai salah satu komponen pendidikan dan merupakan suatu bidang profesi, mempunyai peranan yang sangat vital didalam proses belajar mengajar untuk membawa anak didiknya kepada kedewasaan dalam arti yang sangat luas. Bahkan boleh dikatakan bahwa keberhasilan suatu proses belajar mengajar ini 60% terletak ditangan guru. Oleh karena itu proses belajar mengajar yang didalangi oleh guru tidak akan pernah tenggelam atau digantikan oleh alat atau media lainnya. Dizaman modern yang ditandai oleh kemajuan dalam bidang informasi dan teknologi (IT)  telah merambah ke seluruh sektor kehidupan. Produk Iptek telah menjadikan kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan lebih mudah, sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan dan diperoleh saat ini dengan mudah dapat segera diwujudkan termasuk didalam dunia pendidikan produk teknologi telah menjadi guru kedua bagi anak.
Konsep merupakan bagian terpenting dari berbagai pengembangan dan aplikatif didalam kehidupan. Dengan konsep yang mendasar siswa akan mampu merencanakan, memikirkan dan memperkirakan hasil yang akan dicapai. Misalnya saja, terjadinya miskonsepsi adalah akibat konsep yang salah. Sehingga pembelajaran konsep merupakan sesuatu hal yang seharusnya menjadi fundamental dalam pembelajaran khususnya pembelajaran fisika.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada dasarnya adalah serangkaian upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, atau setidaknya dapat memenuhi target pembelajaran yang ingin dicapai. Dengan demikian guru akan senantiasa mencoba berbagai model pembelajaran untuk mencapai taget yang diinginkan. Model pembelajaran yang sering dipakai antara lain 5E, Problem Based Learning (PBL), DI (Direct Interaction) atau ceramah. Namun, untuk siswa sekolah menengah pembelajaran dengan pendekatan konsep merupakan hal yang sangat diperhitungkan karena merupakan pondasi untuk pengembangan ilmu selanjutnya.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka kami mengangkat masalah model pembelajaran konsep yang merupakan salah satu model pembelajaran yang telah dikenal hingga saat ini.
untuk lebih jelasnya silahkan check makalah pembelajaran konsep disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar