Fisika merupakan salah satu
pelajaran wajib bagi siswa SMA jurusan Ilmu Alam (IPA). Didalam mempelajari
fisika tidak hanya belajar bagaimana menyelesaikan soal matematis, soal
aplikatif dan soal teori, tetapi konsep
dasar dari fisika itu sendiri harus matang dan kuat, karena konsep merupakan
pondasi pemahaman fisika yang paling fundamental.
Guru sebagai salah satu komponen
pendidikan dan merupakan suatu bidang profesi, mempunyai peranan yang sangat
vital didalam proses belajar mengajar untuk membawa anak didiknya kepada
kedewasaan dalam arti yang sangat luas. Bahkan boleh dikatakan bahwa
keberhasilan suatu proses belajar mengajar ini 60% terletak ditangan guru. Oleh
karena itu proses belajar mengajar yang didalangi oleh guru tidak akan pernah
tenggelam atau digantikan oleh alat atau media lainnya. Dizaman modern yang
ditandai oleh kemajuan dalam bidang informasi dan teknologi (IT) telah merambah ke seluruh sektor kehidupan.
Produk Iptek telah menjadikan kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan lebih
mudah, sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan dan diperoleh saat ini
dengan mudah dapat segera diwujudkan termasuk didalam dunia pendidikan produk
teknologi telah menjadi guru kedua bagi anak.
Konsep merupakan bagian terpenting
dari berbagai pengembangan dan aplikatif didalam kehidupan. Dengan konsep yang
mendasar siswa akan mampu merencanakan, memikirkan dan memperkirakan hasil yang
akan dicapai. Misalnya saja, terjadinya miskonsepsi adalah akibat konsep yang
salah. Sehingga pembelajaran konsep merupakan sesuatu hal yang seharusnya
menjadi fundamental dalam pembelajaran khususnya pembelajaran fisika.
Kegiatan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru pada dasarnya adalah serangkaian upaya untuk meningkatkan
hasil belajar siswa, atau setidaknya dapat memenuhi target pembelajaran yang
ingin dicapai. Dengan demikian guru akan senantiasa mencoba berbagai model
pembelajaran untuk mencapai taget yang diinginkan. Model pembelajaran yang
sering dipakai antara lain 5E, Problem Based Learning (PBL), DI (Direct Interaction)
atau ceramah. Namun, untuk siswa sekolah menengah pembelajaran dengan
pendekatan konsep merupakan hal yang sangat diperhitungkan karena merupakan
pondasi untuk pengembangan ilmu selanjutnya.
Berdasarkan uraian tersebut diatas,
maka kami mengangkat masalah model pembelajaran konsep yang merupakan salah
satu model pembelajaran yang telah dikenal hingga saat ini.
untuk lebih jelasnya silahkan check makalah pembelajaran konsep disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar