"Maka Nikmat Tuhanmu yang Manakah yang Kamu Dustakan?" [Surat Ar-Rahman : 13]

Minggu, 20 Oktober 2013

Global



BAGAIMANA PERAN FISIKA DALAM PEMANASAN GLOBAL SAAT INI

                Tulisan ini terangkai setelah, sore ini saya ngajar murid di daerah rumah sakit syaiful anwar, malang. Saat berangkat kira-kira pukul 14.45 WIB setelah sholat ashar. Matahari terlihat dengan perkasanya menantang siapa saja yang berjalan dan melihatnya (silau, bro). sehingga mengakibatkan banyaknya fata morgana di jalanan aspal, sebagai suatu akibat pemantulan sinar matahari yang mencapai sudut kritis sehingga menyebabkan terjadinya sinar pantul yang mendatar atau lebih, akibatnya jalan kelihatan berair dan silau.
Dalam perjalanan dari kontrakan motor terasa enak-enak saja, namun siapa sangka setelah meliwati jalan oro-oro dowo, malang. Terjadi osilasi pada motor saya dan vertical lagi, jadi ya seperti naik motor jaman dahulu (seperti di cerita karton tom & jerry). Kemudian aku lanjutkan perjalanan, dan semakin tidak enak ini, akupun turun dan cek kendaraan terutama rodanya, dan ternyata ban sepadaku terlalu keras, mungkin akibat pemanasan hari ini, mengakibatkan tekanan di dalam ban semakin besar, dan takutnya ban motorku sekarang udah tipis. Semoga saja tidak meletus.
solusi konkretnya akupun melakukan pengurangan tekanan berlebih pada si ban, dan motorpun kembali nyaman digunakan, meski masih seperti tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar